PERINGATAN HAUL SYEKH SUBAKIR TAHUN 2020 DIGELAR SEDERHANA PENUH KHIDMAT DI TENGAH PANDEMI

Hari wafat (haul) Syekh Subakir

Hari wafat (haul) Syekh Subakir pada tahun 2020 diperingati berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada peringatan tahun ini Pemerintah Kota Magelang mengadakan kegiatan Khataman Al-Quran 30 Juz di sekitar area wisata Gunung Tidar, Jum'at (25/09/20). Kegiatan ini hanya melibatkan 30 orang yaitu 20 santri dan 10 penyuluh agama serta digelar secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan. 

“Pesertanya dari Pondok Selamat, Pondok Tidar Dudan dan penyuluh agama Islam, masing-masing sepuluh orang. Kita nggak mungkin mengadakan pengajian seperti biasanya, karena ribuan orang akan datang untuk mengikuti pengajian, dan itu tidak sesuai dengan protokol kesehatan” jelas Kepala Bagian Kesra, Hadi Sutopo, saat ditemui di akhir kegiatan. 

Meski digelar secara sederhana, namun suasana khidmat tetap terbangun. 

"Kegiatanhaul Syekh Subakir yang digelar setiap tahun merupakan salah satu upaya untuk mengenang jasa ulama besar tersebut. Peringatan haul Syekh Subakirsudah ditetapkan menjadi agenda rutin Pemkot Magelang untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dari luar Magelang. Selain, berziarah ke makam Syekh Subakir, pengunjung juga berziarah ke makam Kyai Sepanjang dan Kyai Semar, yang juga berada di kawasan Gunung Tidar” tambah Hadi. 

Sejak beberapa tahun lalu, Pemkot Magelang sudah menetapkan Gunung Tidar sebagai destinasi wisata religi. Berbagai sarana dan prasarana terus dilengkapi agar para pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia tetap merasa nyaman. Protokol kesehatan juga diterapkan dengan ketat di kawasan wisata ini. (Diskominsta)

Sebelumnya Berikutnya