Sosialisasi Pemanfaatan Wide Area Network (WAN) Kota Magelang 2018

Sosialisasi Pemanfaatan Wide Area Network (WAN) Kota Magelang 2018

Diskominsta bersama CV. Mitra Lestari menjadi Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Wide Area Network (WAN) Kota Magelang 2018. Acara tersebut dihadiri oleh dua puluh sembilan peserta yang terdiri dari Tujuh Sekolah Menengah Pertama (SMP), enam Kelurahan, tiga Puskesmas, dan satu Puskeswan. 

Dari kegiatan tersebut diperoleh bahwa kunci keberhasilan dari terlaksananya pengembangan dan implementasi e-Government sebagai suatu sistem secara utuh dan menyeluruh, sangat tergantung dari ketersediaan dan keterpaduan dari semua komponen Teknologi Informasi dan Komunikasi yang membangun sistem e-Government, antara lain kompetensi sumber daya manusia (SDM) aparatur pendukung, infratsruktur komunikasi data, perangkat kompuer dan yang tidak kalah penting juga adalah aplikasi yang akan dibangun atau yang telah digunakan.


Pemerintah Kota Magelang sebagai salah satu pemerintah kota yang sangat menyadari akan pentingnya e-Government dalam menunjng pengelolaan lembaga dan peningkatan pelayanan publik, secara bertahap melakukan pengembangan dan implementasi e-Government melalui penyediaan berbagai infrastruktur yang diperlukan sampai ke tingkat satuan kerja. Sebagai contoh pembangunan jaringan komputer di lingkungan Kantor Walikota Pemerintah Kota Magelang sebagia salah satu usaha membangun infrastruktur pelayanan pad masyarakat yang cepat, tepat dan akurat. Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga telah memanfaatkan peranti lunak untuk mempermudah proses kerja di masing-masing OPD. Meskipun demikian, kebutuhan akan infratruktur yang lebih baik mengharuskan peningkatan dan pembangunan sarana dan prasarana yang lebih baik.


Dalam rangka membagun sarana dan prasarana yang lebih baik, Pemerintah Kota Magelang setiap tahun berusaha untuk mengambangkan infrastruktur jaringan komputernya untuk dapat menjangkau setiap OPD. Saat ini telah berhasil dibangun adalah dua ouluh sembilan  OPD (empat puluh empat titik) tersambung seluruhnya, empat belas dari tujuh belas Kelurahan, dua belas jalur ke lokasi CCTV lalu lintas, sembilan Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan, dua Kuliner yaitu Tuin van Java dan Kartika Sari, tujuh SMP dari 13 SMP Negeri, serta tujuh lokasi lain yang merupakan ruang terbuka publik.

Diharapkan dengan adanya infrastruktur WAN Kota ini, dapat menjadi satu langkah maju dalam mencapai Visi Kota Magelang "Magelang Sebagai Kota Jasa Yang Modern dan Cerdas Dilandasi Masyarakat Sejahtera dan Religius". Dan diharapkan juga dengan sosialisasi ini diharapkan setiap OPD dapat mengetahui fasilitas apa saja yang sudah disediakan oleh Diskominsta, dan dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Sebelumnya Berikutnya