Pemerintah Kota Magelang Raih Penghargaan Sebagai Badan Publik Menuju Informatif Dalam KIP Award 2018

Pemerintah Kota Magelang Raih Penghargaan Sebagai Badan Publik Menuju Informatif Dalam KIP Award 2018

Magelang - Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Magelang sebagai Badan Publik Menuju Informatif, berdasarkan penilaian monitoring dan evaluasi serta tahapan Uji Publik. Penghargaan yang diserahkan oleh Komisioner KIP Provinsi Jawa Tengah ini, diterima langsung oleh Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina dalam Penganugerahan Badan Publik KIP Award 2018 di Hotel Patrajasa Semarang (7/12).

Tahun ini Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah telah melakukan evaluasi pada lima badan publik di lingkungan pemerintah provinsi Jawa Tengah maupun di kabupaten kota, yaitu PPID Utama kabupaten kota, PPID Pembantu Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, PPID RSUD kabupaten kota, PPID Dinas Kesehatan kabupaten kota dan Pemerintah Desa. Penghargaan ini merupakan sebuah upaya mendorong badan publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan badan publik sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi seluas-luasnya.

Dalam Pemberian Penghargaan Kepada Badan Publik di lingkup Provinsi Jawa Tengah ini Kota Magelang juga meraih penghargaan Badan Publik Di Sektor Kesehatan dengan Kategori Cukup Informatif yang diraih oleh Dinas Kesehatan Kota Magelang dan RSUD Tidar Kota Magelang. Dengan adanya penghargaan dalam Keterbukaan informasi ini mendorong pemerintah daerah khususnya pemerintah Kota Magelang agar makin ,baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ucap Windarti Agustina setelah menerima penghargaan yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang selaku PPID Utama Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, penghargaan ini diberikan agar kita berani berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya, menurutnya keterbukaan informasi merupakan sesuatu yang baik. Ini sesuatu yang bisa mengingatkan kita, sebagai cerminan besar agar kekurangan kita dapat terlihat untuk kita perbaiki. Jadi saya meminta kepada kawan-kawan semuanya baik di Provinsi maupun di Kabupaten Kota untuk terus memperbaiki diri dalam melayani masyarakat dengan keterbukaan informasi, imbuhnya.

Ganjar juga mengapresiasi Bupati dan Walikota yang berkomitmen penuh dalam melayani masyarakatnya, melalui keterbukaan informasi. Ia berpesan kepada seluruh pemerintah daerah untuk dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi di era milenial ini dengan melakukan pelayanan kepada masyarakat secara cepat.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jateng, Dadang Somantri dalam sambutannya berharap dengan semakin meningkatnya badan publik yang informatif di Jawa Tengah dapat mempercepat pemerintahan yang terbuka dalam mencegah praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta menciptakan pemerintahan yang baik. (Ret/Diskominsta)

Sebelumnya Berikutnya