Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Magelang Tahun 2023 Berhasil Ditekan Di Angka 0,47%

Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Magelang Tahun 2023 Berhasil Ditekan

Berdasar profil kependudukan yang dirilis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang pada 1 April 2024 lalu, jumlah penduduk Kota Magelang di tahun 2023 terdapat sejumlah 128.264 jiwa dengan rasio jenis kelamin sebesar 97,58%. Jumlah penduduk ini tumbuh 0,47% dibandingkan tahun 2022, sehingga dengan demikian target indikator laju pertumbuhan penduduk dalam RPJMD Kota Magelang Tahun 2021-2026 untuk periode tahun 2023 dapat tercapai.

Kota Magelang merupakan wilayah terkecil di Kota Magelang dengan bonus demografi. Porsi penduduk usia produktif sebesar 70,56% dari total jumlah penduduk. Pemerintah Kota Magelang selalu berupaya untuk mewujudkan pembangunan

berwawasan kependudukan, yakni pembangunan yang diselaraskan dengan potensi dan kondisi penduduk yang ada. Beberapa kebijakan dilaksanakan dalam meningkatkan kualitas pembangunan kependudukan diantaranya adalah kebijakan pelayanan adminduk, kebijakan akurasi dan validasi kependudukan, kebijakan pengendalian pertumbuhan penduduk, kebijakan penataan ruang dan penyediaan sarana prasarana berwawasan kependudukan, kebijakan ketahanan pangan, kebijakan kesehatan, kebijakan pendidikan, kebijakan ketenagakerjaan dan kebijakan sosial.

Dalam kaitannya dengan pengendalian pertumbuhan penduduk, beberapa upaya telah dilakukan oleh Kota Magelang diantaranya melalui langkah 1) Memperpanjang waktu penundaan usia kawin, 2) Mengatur jumlah kelahiran, 3) Mengurangi jumlah kematian dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan, dan 4) Menjaga keseimbangan struktur penduduk.

Tentunya untuk mendukung hal tersebut diperlukan basis data kependudukan yang baik. Database kependudukan yang valid dan akurat dapat memberikan gambaran bagaimana kondisi dan karakteristik penduduk Kota Magelang dan dapat menjadi dasar dalam perumusan kebijakan-kebijakan yang akan diambil dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Sebelumnya Berikutnya