Sosialisasi CSIRT

Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) memberikan Sosialisasi Computer Security Incident Response Team

Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) memberikan Sosialisasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dengan Narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Jawa Tengah kepada seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah yang ada di Kota Magelang. Sosialisasi ini dilaksanakan secara luring di Aula Adipura Komplek Kantor Walikota Magelang, Selasa (14/6/2022).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang Muchamad Abdul Azis mengatakan, Perkembangan dan inovasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang sekaligus ancaman bagi pemerintah. Pemerintah dituntut untuk dapat memberikan layanan berbasis teknologi informasi sehingga layanan akan lebih cepat dan lebih mudah dengan tetap memperhatikan aspek transparansi, akuntabilitas, dan keamanan. Disisi lain, pemerintah juga dihadapkan pada semakin maraknya tindakan penyalahgunaan/tindakan kejahatan ranah siber yang tidak sedikit menargetkan pemerintahan.

Menurutnya, Sosialisasi ini merupakan tahapan awal dalam pembangunan kompetensi terkait penanganan insiden keamanan informasi. Diperlukan tindak lanjut dari kegiatan ini sampai dengan CSIRT Kota Magelang terbentuk dan dapat berkontribusi dalam pengamanan informasi di Pemerintah Kota Magelang.

Sebelumnya Berikutnya