PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH TERBAIK III DIRAIH KOTA MAGELANG

Kota Magelang meraih predikat terbaik ketiga dalam Penghargaan Pembangunan Daerah

Kota Magelang meraih predikat terbaik ketiga dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (14/04/2021).

Wali Kota Magelang mengatakan, penghargaan ini adalah prestasi kepemimpinan sebelumnya, serta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah bekerja dengan baik dalam membangun daerah.

“Penghargaan ini untuk Wali Kota sebelumnya yaitu Pak Sigit, dan seluruh teman-teman OPD, Camat, Lurah yang hebat-hebat. Saya hanya membantu menerimanya," ungkap dr. Aziz.

Dalam penghargaan ini, predikat terbaik 1 diraih oleh Kota Semarang dan terbaik 2 Kota Surakarta. Untuk kategori kabupaten, terbaik 1 diraih Kabupaten Pati, terbaik 2 Kabupaten Banyumas, dan terbaik 3 Kabupaten Pekalongan.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Handini Rahayu memaparkan, pihaknya bersyukur berhasil meraih predikat tiga besar di bawah Semarang dan Surakarta. Penilaian ini berdasarkan perencanaan yang telah dibuat pada tahun 2020 lalu.

“PPD merupakan penghargaan untuk perencanaan daerah. Kota Magelang setiap tahunnya mendapat rangking yang baik. Tahun ini sama dengan raihan tahun lalu di peringkat 3,” ucapnya.

Dini mengungkapkan jika terdapat penilaian khusus untuk inovasi daerah. Hal ini memicu pihaknya untuk terus melakukan pengembangan dan inovasi. Dalam PPD tersebut, pihaknya menggunakan sejumlah inovasi yang sudah ada selama ini.

“Kita ajukan beberapa inovasi, tapi koornya untuk integrasi perencanaan di Kampung Teduh (Tematik, Terpadu, dan Hijau). Ini salah satu inovasi masyarakat bersama pemerintah daerah dalam pembangunan,” jelasnya.

Menurut Dini, dengan adanya penilaian inovasi ini, menjadi sebuah tantangan ke depan agar Pemkot Magelang terus mengembangkan inovasi setiap tahunnnya. Terutama yang terkait dengan perencanaan, sehingga diharapkan prestasi terus meningkat di tahun mendatang.(Diskominsta)

Sebelumnya Berikutnya