SIAP ADAPTASI KEBIASAAN BARU, RATUSAN PEGIAT KOPERASI DAN UKM IKUTI PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS SDM

Wali Kota Magelang mendampingi kunjungan kerja Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, mewakili Wali Kota Magelang mendampingi kunjungan kerja Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia dalam agenda Pembukaan Pelaksanaan Pelatihan SDM Koperasi dan UMKM. Kegiatan dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong di Hotel Atria, Kota Magelang, Kamis (06/08/2020). Acara digelar berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Magelang  dan Dinas Kesehatan serta dilakukan dengan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Windarti mengapresiasi pelatihan yang diikuti 380 pelaku koperasi dan UMKM di Kabupaten dan Kota Magelang. Hal ini dinilai mampu untuk meningkatkan dan terus mengembangkan potensi koperasi dan UMKM dalam beradaptasi pada masa pandemi dan new normal. Windarti juga menyampaikan bahwa Koperasi dan UKM di Kota Magelang pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Diakuinya bahwa Pemerintah Kota Magelang terus mengoptimalkan anggaran dana alokasi khusus di Kota Magelang dan tenaga PPKL.

"Pelatihan ini merupakan salah satu upaya strategis untuk mendorong kegiatan koperasi dan UKM sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat." ucap Windarti. Adapun beberapa jenis pelatihan yang digelar antara lain pelatihan kewirausahaan, pelatihan perkoperasian di daerah pariwisata, pelatihan manajemen usaha bagi koperasi pasar rakyat, pelatihan kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif,  pelatihan e-commerce,  pelatihan vokasional bagi masyarakat perkebunan atau pertanian dan peternakan serta pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula.

"Selamat kepada peserta pelatihan, semoga bermanfaat dan berkah. Juga saya ucapkan terima kasih kepada Menteri Koperasi dan UKM yang memberikan perhatian" tambahnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM RI menjelaskan bahwa pelatihan SDM koperasi dan UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM RI diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial pelaku koperasi dan UKM khususnya di bidang branding melalui e-commerce dan reaktualisasi koperasi.
Pelatihan juga dilakukan dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional pada masa adaptasi kebiasaan baru.

"Dengan adanya pelatihan ini kami berharap UMKM di Kota Magelang dapat terus menaikkan produk unggulannya, agar UMKM daerah bisa terus naik." ucap Teten. Dalam pelatihan ini e-commerce juga dilibatkan agar pelaku UKM lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi. (diskominsta)

Sebelumnya Berikutnya