PERINGATI HAUL SYEKH SUBAKIR, PEMERINTAH KOTA MAGELANG UNDANG GUS MUWAFIQ PADA PENGAJIAN AKBAR VIRTUAL

Dalam rangka memperingati Haul Syekh Subakir yang dirangkai dalam peringatan Hari Santri Nasional 2020

Dalam rangka memperingati Haul Syekh Subakir yang dirangkai dalam peringatan Hari Santri Nasional 2020, Pemerintah Kota Magelang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar pengajian akbar dengan menghadirkan KH. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) dari Sleman, Yogyakarta.

Pengajian ini digelar secara virtual melalui saluran Youtube Pemerintah Kota Magelang, bertempat di Pendopo Pengabdian Wali Kota, Kamis malam, (22/10/2020) dengan penerapan protokol kesehatan.

“Memang pengajian kali ini berbeda dengan pengajian yang sebelumnya. Namun alhamdulillah, acara hari ini bisa berlangsung dengan baik dengan khidmat,” ucap Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam sambutannya.

Sigit mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan penghormatan kepada Syekh Subakir, yang diyakini sebagai pendahulu dalam syiar agama Islam, sebelum Walisongo. Ia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat, dan apa yang disampaikan oleh Gus Muwafiq dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat Kota Magelang.

Dalam ceramahnya Gus Muwafiq menyampaikan peranan wali di Nusantara yang mempersatukan bangsa menjadi satu kesatuan Republik Indonesia. Ia juga berpesan kepada TNI dan Polri sebagai penjaga wilayah untuk tidak lupa dengan para wali.

“Jaga keamanan bangsa dan negara, karena nasib manusia yang baik ditentukan oleh bangsa dan negara yang aman dalam konsep baladil-amīn,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, dengan ditetapkan 22 Oktober sebagai hari peringatan khusus santri, para santri akan menghormati pemimpin negeri ini. Ia mengatakan sampai kapanpun santri akan tetap menjaga wilayah Indonesia, karena guru-guru mereka ada di Indonesia. (Diskominsta)

Sebelumnya Berikutnya