Bimbingan Teknis Gerakan 100 Smart City Tahap Kedua

Setelah diadakan Bimtek Smart City Tahap Pertama pada tanggal 24 Juni 2019, Bappeda Kota Magelang bersama Diskominsta Kota Magelang mengadakan Bimtek Smart City Tahap Kedua pada hari 25-26 Juli 2019 bertempat di Aula Pangripta Bappeda Kota Magelang.

Setelah diadakan Bimtek Smart City Tahap Pertama pada tanggal 24 Juni 2019, Bappeda Kota Magelang bersama Diskominsta Kota Magelang mengadakan Bimtek Smart City Tahap Kedua pada hari 25-26 Juli 2019 bertempat di Aula Pangripta Bappeda Kota Magelang. Bimtek tersebut akan direncanakan dalam empat tahap dan selesai pada tahun ini juga. Bimtek tersebut dihadiri oleh Kasubdit Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Daerah Kementrian Kominfo RI DR. Hasyim Gautama dan DR. Adi Mulyanto dosen ITB selaku pembimbing Gerakan 100 Smart City di Kota Magelang. Turut hadir pula Kepala Bappeda Kota Magelang Ir. Joko Soeparno, MPL dan Kepala Diskominsta Kota Magelang Drs. Catur Budi Fajar Sumarmo, MM. 


Dalam pembukaan acara Catur menyampaikan kepada peserta bimtek yang sebagian besar dihadiri oleh Kasubag Program dan Keuangan pada 29 OPD yang ada di Pemerintah Kota Magelang, bahwa dalam pelaksanaan bimtek selanjutnya pesertanya harus tetap orangnya, supaya hasil yang didapat dalam bimtek tahap kedua ini dapat dilanjutkan pada bimtek tahap selanjutnya. Sehingga pemikiran yang telah dihasilkan pada bimtek tahap pertama dan kedua tidak terputus dan dapat dilanjutkan ke bimtek tahap ketiga dan keempat. 


Sementara itu Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Soeparno menyampaikan pula, bahwa RPJMD Kota Magelang akan berakhir pada tahun 2021, sehingga masterplan smart city yang akan dibuat lebih baik merujuk pada RPJPD Kota Magelang yang berakhir pada tahun 2025, mengingat masterplan berlaku selama 5 tahun ke depan. 


Dalam acara tersebut dibagi dalam 6 kelompok pilar smart city, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Masing-masing kelompok membuat usulan dari inovasi yang akan dibuat sehingga dan menemukan quick win sebagai hasil smart city Kota Magelang. Impact dari Quick Win tersebut haruslah sudah dapat digunakan dan berimplikasi pada masyarakat di tahun ini.

Sebelumnya Berikutnya