Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I Kota Magelang Tahun 2024

Pada hari Senin 24 Juni 2024 Pemerintah Kota Magelang mengikuti Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I secara daring

Pada hari Senin 24 Juni 2024 Pemerintah Kota Magelang mengikuti Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I secara daring di Aula Pangripta Bapperida Kota Magelang dengan tim asesor dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Hadir dalam evaluasi tersebut Sekretaris Daerah Kota Magelang dan didampingi perangkat daerah di Kota Magelang. Dalam sambutannya Sekda Kota Magelang menjelaskan bahwa Kota Magelang berkomitmen dalam mendukung Smart City Kota Magelang.

“Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I ini belum dilakukan penilaian tetapi untuk mengetahui progress pelaksanaan Smart City Kota Magelang”, ujar Harya Widiputra, Koordinator Tim Asesor pada pembukaan pelaksanaan evaluasi tersebut.

Dalam paparannya, Kepala Bidang Teknologi Informatika Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang Ronggo Radityo Nimoko,S.Kom,M.Eng menyampaikan bahwa pada akhir Tahun 2023 Kota Magelang sudah melakukan update Buku Masterplan Smart City untuk jangka waktu 2024-2033. Lebih lanjut dijelaskan juga aktivitas kelembagaan Smart City di Kota Magelang, infrastruktur, serta inovasi dari OPD yang masuk dalam Quick Wins Kota Magelang Tahun 2024.

Pada sesi tanya jawab, tim asesor memberikan pertanyaan dan saran masukan terkait dengan pelaksanaan Smart City di Kota Magelang.

“Upaya-upaya yang dilakukan Kota Magelang implementasinya sudah baik dan sudah on the track tetapi memerlukan proses terus menerus untuk dilaksanakan dan dapat meningkatkan penguatan kelembagaannya” kata Supia Yuliana salah satu tim assesor.

Pada evaluasi tersebut tim assesor memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan peran aktif dari Dewan Smart City, Tim Pelaksana Smart City dan Forum Smart City dalam pelaksanaan Smart City Kota Magelang. Tim assesor menambahkan bahwa program-program di Masterplan Smart City baik yang masuk dalam Quick Wins maupun program lain harus dilaksanakan dengan baik dan dijaga keberlangsungannya.

Pada akhir tahun 2024 akan dilakukan Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap II.

 

Sebelumnya Berikutnya