Lama Terhenti, PRGS Siap Dibuka Kembali

Berhenti selama dua tahun lebih akibat pandemi Covid-19, car free day (CFD) dan Sunday morning (Sunmor) di kawasan Sport Center (Gelora Sanden) Kota Magelang bersiap tersaji kembali

MAGELANG - Berhenti selama dua tahun lebih akibat pandemi Covid-19, car free day (CFD) dan Sunday morning (Sunmor) di kawasan Sport Center (Gelora Sanden) Kota Magelang bersiap tersaji kembali. Kali ini akan hadir dengan nama baru, yakni Pasar Rakyat Gelora Sanden atau disingkat PRGS di bawah binaan UPT Sport Center Disporapar.

PRGS akan mulai dibuka kembali pada Minggu (25/9) pagi dari jam 06.00-selesai di ruas Jalan Tentara Genie Pelajar Magelang, kompleks Gelora Sanden Kota Magelang. Menurut rencana PRGS yang dikelola PWI Kota Magelang dan UMKM Mega Tidar ini akan dibuka resmi oleh Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz.

Koordinator PRGS, Fathurrozaq mengatakan, PRGS merupakan nama baru dari sebelumnya yang sudah ada berupa CFD/Sunmor Gelora Sanden. CFD/Sunmor ini sudah dimulai pada September 2019 lalu hingga Maret 2020.

"Sejak pertengahan Maret 2020 itu kegiatan kita berhenti total akibat terdampak pandemi Covid-19. Selama berhenti itu, banyak pedagang anggota kami yang selalu bertanya kapan bisa dimulai kembali, apalagi beberapa bulan terakhir kasus Covid-19 melandai," ujarnya.

Pria yang juga aktif di paguyuban UMKM Mega Tidar Kota Magelang ini mengutarakan, memang tidak mudah untuk kembali membuka kegiatan rutin tiap hari Minggu tersebut. Selain karena lama terhenti, juga karena situasi masih dibayang-bayangi oleh pandemi Covid-19 yang sebenarnya belum berakhir.

"Tapi, karena desakan banyak pihak, maka kami sebagai pengelola berupaya meminta izin Bapak Wali Kota agar bisa membuka kembali CFD/Sunmor itu sekaligus dengan brand baru, yaitu PRGS. Bersyukur akhirnya Bapak Wali Kota mengizinkan diadakannya kegiatan tersebut," katanya.

Fathur menyebutkan, pada pembukaan nanti sudah ada lebih dari 90 pedagang yang mendaftar sebagai peserta PRGS. Mereka akan menempati area trotoar dan ruas jalan dimulai dari area bundaran ke utara hingga pojok Stadion Moch Soebroto yang berbatasan dengan Asrama Polisi.

"Jenis dagangan bermacam dari aneka jenis kuliner, jajanan, pakaian, mainan anak, hingga wahana permainan anak-anak. Ke depan rencana juga akan kita tambah dengan stand pelayanan publik yang diisi oleh dinas-dinas pelayanan publik, seperti yang pernah terjadi pada 2019-2020 lalu," jelasnya.

Pada momen pembukaan ini, imbuh Fathur, akan disajikan beberapa event, yaitu senam bersama dengan 6 instruktur dari LPK Yulis Studio, lomba mewarnai tingkat TK, dan pentas seni Reog dari Singo Cahyo Manunggal Kampung Bayeman. Senam dan pentas seni terpusat di area bundaran, sedangkan lomba mewarnai di dalam GOR Samapta.

"Untuk senam bersama akan hadir setiap hari Minggu pagi, sedangkan lomba mewarnai dan pentas seni akan kita jadwalkan secara periodik. Event ini guna menarik minat pengunjung untuk datang berolahraga, berbelanja, berwisata, dan berekreasi di PRGS maupun di kawasan Gelora Sanden dengan banyak fasilitas olahraga di dalamnya," paparnya.

Kepala UPT Sport Center Disporapar, Bayu Saputro sebagai pembina PRGS mengaku, pihaknya menyambut baik akan dibukanya PRGS ini. Kegiatan tiap Minggu pagi ini dinilai akan menambah lengkap dan semarak kawasan Gelora Sanden.

"Adanya kegiatan ekonomi di PRGS dapat berdampingan dengan aktivitas olahraga yang ada di Gelora Sanden. Pengunjung PRGS dapat sekaligus berolahraga di fasilitas yang kita miliki, begitu juga sebaliknya masyarakat yang sedang berolahraga di sport center bisa sekaligus belanja di PRGS. Maka, cocok taglinenya PRGS ini Ayo Berwisata dan Ayo Berolahraga," ungkapnya. (PGRS)

Sebelumnya Berikutnya