Diskominsta Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Kota Magelang

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang melalui Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kota Magelang

KOTA MAGELANG – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang melalui Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kota Magelang menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Stunting yang dibalut dalam Pertunjukkan Rakyat yang bekerjasama dengan Warga RW 10 Kampung Tegalsari Kelurahan Magersari, Sabtu (17/09/2022). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan Kota Magelang bebas stunting.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Prianta Adi Wibawa dalam sambutannya "Sejalan dengan visi Kota Magelang Maju Sehat dan Bahagia, sehatnya ini berarti mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kota Magelang agar bisa sejalan dengan Visi tersebut,” ungkap Prianta.

Sementara itu Deni Wismaati, Nutrisionis Madya Puskesmas Jurangombo selaku Narasumber dalam sosialisasi ini menjelaskan bahwa Stunting adalah kondisi gagal tumbuh yg disebabkan krn kurang gizi kronis. Tandanya tinggi badan atau panjang badan kurang dari standar.

"Seribu hari kehidupan adalah hal yang paling penting yakni semenjak anak ada dalam kandungan sampai dengan usia 2 tahun, sehingga perlu diperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi," jelasnya. 

Deni juga menyampaikan bahwa masyarakat bisa mencatat dan mengetahui perkembangan anak bisa dengan tahu isinya dan tahu apa yang harus dilakukan dengan memiliki buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Atau bisa menghubungi bot WhatsApp dari Puskesmas Jurangombo dengan nomor 081131109090 untuk mengetahui apakah gizi yang didapatkan anak atau pertumbuhan anak sudah sesuai atau belum. 

"Kalau sudah terlanjur stunting, penangannya itu lebih susah. Solusinya adalah Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dilakukan kepada ibu hamil dan anak yang mengalami KEK. Jadi cegah stunting itu penting! " ujar Deni. 

Masyarakat sekitar mengaku sangat antusias mengikuti sosialisasi ini, terutama karena digelar dengan meriah dan tidak monoton karena menampilkan banyak pertunjukan tari tarian. Menurutnya, forum ini menambah pengetahuannya sebagai ibu dan calon ibu untuk memberikan gizi terbaik untuk anak terutama di Kota Magelang.(Diskominsta)

Sebelumnya Berikutnya