Delapan Kabupaten Kota Di Jawa Tengah Dan Usaid Iuwash Tangguh Melakukan Penandatanganan RKT di Sektor Air Minum Sanitasi Aman Dan Hygiene

Penandatanganan rencana kegiatan tahunan di sektor air minum

Delapan kabupaten kota di Jawa Tengah (Kabupaten Temanggung, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Kota Surakarta, Salatiga, Magelang) bersama USAID IUWASH Tangguh Jawa Tengah melakukan penandatanganan rencana kegiatan tahunan di sektor air minum, sanitasi dan perilaku hygiene.  Acara berlangsung di Ruang Astoria Hotel Dafam Semarang pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Penandatanganan dilakukan oleh para Sekretaris Daerah dari masing-masing kabupaten kota, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Deputy Chief of Party USAID IUWASH Tangguh. Ikut menyaksikan penandatanganan acara tersebut adalah Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID, Brian Dusza, dan Chief of Party USAID IUWASH Tangguh, Alifah Lestari yang hadir secara luring dari Makassar.

Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) adalah dokumen rujukan kerjasama para pihak yang didalamnya berisi  tujuan, target, dan uraian kegiatan, serta komitmen para pihak untuk mensukseskan kerja sama. RKT disusun bersama antara USAID IUWASH Tangguh dengan delapan pemerintah kabupaten kota di Jawa Tengah sebagai rujukan kerja sama seperti yang diamanatkan Permendagri Nomor 25 tahun 2020.

Sehari sebelum penandatanganan RKT, para kepala Bappeda telah memaparkan visi, misi dan draft RKT masing-masing dihadapan Bappenas, kementerian dan lembaga terkait, serta USAID IUWASH Tangguh secara hybrid.

Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID Indonesia, Brian Dusza, mengatakan RKT ini adalah komitmen USAID dan Pemerintah Indonesia untuk melanjutkan kemitraan di Provinsi Jawa Tengah, dengan target yang makin tinggi, mencapai air minum dan sanitasi aman.

USAID IUWASH Tangguh akan memperluas dukungan ke bidang teknis baru yaitu pengelolaan sumber daya air dan ketahanan terhadap perubahan iklim. Kami berharap, kerja sama USAID bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan delapan Pemerintah kabupaten kota dampingan, beserta para mitra pembangunan air minum dan sanitasi aman, akan memberikan manfaat besar kepada semua pemangku kepentingan.

Direktur Perumahan dan Kawasan Pemukiman Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti yang hadir secara daring merasa bergembira dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah melakukan workshop dan penandatanganan RKT.

Dengan penandatanganan  itu, artinya delapan pemerintah kabupaten kota telah siap untuk melaksanakan program bersama kami. Dengan RKT itu pula, diharapkan pelaksanaan program bisa terarah dan dimudahkan, yang kemudian akan memberikan hasil maksimal untuk air minum dan sanitasi. Selanjutnya juga disampaikan bahwa kondisi sanitasi dan air minum aman kita sangat tertinggal bahkan dari negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, maupun Philipinna.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, yang hadir diantara peserta, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong penyediaan air bersih minum melalui SPAM Regional. Mohon bantuannya kepada para direktur PDAM untuk mengoptimalkan sambungan rumah.

Sebelumnya Berikutnya