Pemenang Kompetisi Riset Unggulan Daerah Kota Magelang Tahun 2021

Riset atau Penelitian merupakan tahapan awal dalam setiap pengambilan suatu kebijakan

Riset atau Penelitian merupakan tahapan awal dalam setiap pengambilan  suatu  kebijakan, Sebagai leading sektor sebuah perencanaan maka riset  harus menjawab isu-isu   aktual di masyarakat guna mendukung Visi Walikota yaitu kota magelang  maju, sehat dan Bahagia. Dari banyaknya Isu-isu permasalahan yang berkembang, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang telah melakukan Tahapan  seleksi  terhadap usulan proposal masyarakat.

Tahapan seleksi proposal  telah dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 3 Juni 2021 yang bertempat di Aula Badan Penelitian Pengembangan Kota Magelang, yang dibuka oleh Drs. Henny Asmoro, M.Si  selaku sekertaris Balitbang yang mewakili Kepala Badan Litbang Kota Magelang. Kegiatan tersebut sebagai  kelanjutan dari rangkaian kegiatan sosialisai Riset Unggulan Daerah pada tanggal 8 April 2021 sebagai satu kesatuan dari  event Riset Unggulan Daerah (RUD) Kota Magelang.

Dengan tetap mengusung  3 (tiga) Tema prioritas, kompetisi ini diikuti oleh 10 peserta pengusul, yang di dominasi oleh Pergruan Tinggi di lingkungan Jawa Tengah dan yogyakarta  seperti dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Katolik (UNIKA) Semarang, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dan Universitas Muhammadiyah Magelang, serta  Lembaga Penelitian dari Yogyakarta.

Tim Seleksi yang diketuai oleh  Dr. Eny Boedi Orbawati, M.Si dari Universitas Tidar, beranggotakan personil yang berkompeten dibidangnya seperti Iwan triteny Setyadi, ST., MT dari Bappeda Kota Magelang, Sunaryanto, SE dari Disperindag Kota Magelang,  dan Tri Kusumawati, S.Kp., M.Kes. dari Balkesmas Wilayah Magelang,  telah  menseleksi peserta menjadi 3(tiga)  pemenang sesuai tema yang diprioritaskan. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Penelitian Pengembangan Kota Magelang Nomor 071/07/420/2021 tentang Penetapan Pemenang dan Pemberian Hadiah Riset .

Adapun Pemenang Tersebut adalah :

1.     Dengan tema riset “Strategi Pemasaran Wisata Edukasi Taman Wisata Kyai Langgeng” Pemenang Riset dengan Judul Investigasi Peran Co-Branding Dan Inovasi Pemasaran Dalam Strategi Pemasaran Taman Wisata Kyai Langgeng (Studi Kasus : Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Magelang Cerdas dalam Strategi Pemasaran Taman Wisata Kyai Langgeng), oleh Nia Kurniati Bachtiar, dkk.

2.     Dengan tema riset “Kajian Pengembangan Jaringan pemasaran Bagi UMKM Kota Magelang  melalui partisipasi Pemerintah dan Masyarakat Kota Magelang” Pemenang Riset dengan Judul Strategi Pembangunan Inklusif Berbasis Regional Excellent Potential Mapping Melalui Business Cluster Dalam mendukung Pengembangan Pemasaran UMKM : Penta Helix Approach, oleh Prof. Dr. Sucihatiningsih DWP., M.Si, dkk.

3.     Dengan tema riset “Kajian Perilaku ASN dalam Pengendalian PTM (Penyakit Tidak Menular) Pemicu Tingginya Kematian Covid-19” Pemenang Riset dengan Judul Kajian Determinan Sosial Dan Perilaku Cerdik Bagi ASN sebagai Upaya Deteksi Dini Kelompok Penderita Kormobid Dalam Penanganan Pandemi Covid 19 Di Kota Magelang, oleh Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL). (Pemkotmgl)

 

Sebelumnya Berikutnya