CEK KEEFEKTIFAN JOGO TONGGO, WALI KOTA LAKUKAN AGENDA MLAKU-MLAKU TILIK KAMPUNG

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito melakukan agenda "Mlaku-Mlaku Tilik Kampung"

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito melakukan agenda "Mlaku-Mlaku Tilik Kampung" di Kampung Tidar Sari, Kelurahan Tidar Selatan hari ini, Selasa (6/10/2020). Agenda ini akan rutin dilakukan setiap minggu sebagai monitoring program Jogo Tonggo di setiap kelurahan.

Program Jogo Tonggo yang digagas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi rekomendasi bagi pemerintah kota/ kabupaten di Jawa Tengah untuk menghidupkan kepedulian masyarakat, saling bergotong-royong melewati pandemi Covid-19. Pandemi telah berimbas pada menurunnya pendapatan banyak pedagang di Kota Magelang. Sejumlah karyawan mengalami pemutusan hubungan kerja karena pengusaha mengalami penurunan omzet, dan sektor ekonomi lain juga terkena imbas yang cukup signifikan. Permasalahan yang timbul di tengah masyarakat tersebut memerlukan optimalisasi jaring ekonomi salah satunya melalui program Jogo Tonggo.

Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono, mengungkapkan kunjungan langsung Wali Kota ke masyarakat hari ini guna meninjau langsung bagaimana berjalannya Jogo Tonggo, sekaligus edukasi kepada masyarakat.

"Jadi mlaku-mlaku tilik kampung yang dilaksanakan oleh bapak Wali Kota dalam rangka memberikan edukasi sosial kepada masyarakat terkait penanganan Covid. Jadi berkaitan dengan Covid sekarang ini sudah ada Jogo Tonggo yang dibentuk di tiap-tiap RW. Pak wali memastikan apakah Jogo Tonggo itu bisa berjalan atau tidak karena sekarang fokus kita adalah penanganan covid" jelas Joko.

Ditemui di tempat lain, Hartati salah satu warga RT 1 RW 10 terlihat menyambut rombongan Wali Kota dengan suguhan jajan pasar di rumahnya karena merasa senang rumahnya termasuk rute yang dilewat Wali Kota.

"Semalam kita mendapat pemberitahuan kalau pak Wali mau ngersakke tindak-tindak di lingkungan Tidar Sari, kemudian karena rumah saya terlewati saya mengaturi pinarak pak Wali mudah-mudahan beliau kersa. Dengan harapan lingkungan di sekitar saya tambah nyaman, asri dan maju" ujar Hartati penuh semangat.

Untung Suhadi, Ketua RW 10 Kampung Tidar Sari menilai program Jogo Tonggo di wilayahnya telah berjalan dengan baik, terlebih mereka fokus pada kesehatan masyarakat dengan melalukan penyemprotan berkala.

"Untuk Jogo Tonggo memang sudah diadakan sejak Maret ini sudah ada siaga Covid dan sudah terlaksana. Jadi kami tinggal melanjutkan dan terus melaksanakan program yg dicanangkan guna mencegah Covid-19 masuk Tidar Sari istilahnya untuk kesehatan masyarakat semua kita adakan pemyemprotan dua kali seminggu di tiap-tiap rumah dan berbagai peraturan mengenai kesehatan masyarakat. Misalnya tamu tidak boleh menginap sementara di sini, apalagi berasal dari zona merah" jelasnya. (Diskominsta)

Sebelumnya Berikutnya