Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang mengenalkan kepada anggota Kelompok Informasi Masyarakat cara mempromosikan potensi daerah baik berupa kegiatan UMKM dan potensi wisata di Kota Magelang melalui blog
Diskominsta Kota Magelang
Ajak Promosikan Potensi Wisata dan UMKM Melalui Blog
Internet sebagai media penjualan dan promosi mempunyai andil yang cukup besar. “Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang mengenalkan kepada anggota Kelompok Informasi Masyarakat cara mempromosikan potensi daerah baik berupa kegiatan UMKM dan potensi wisata di Kota Magelang melalui blog”, ucap Kabid Komunikasi dan Informasi Publik, Edi Masrur saat membuka sosialisasi Penyebaran Informasi Potensi Wisata dan Usaha di Kota Magelang Melalui Blog Untuk Media Promosi, di aula Bappeda (25/06/2018).
“Kami berharap dengan sosialisasi ini KIM sebagai penyebar informasi dapat menggunakan media internet, dalam sosialisasi ini akan dikenalkan bagaimana cara mempromosikan produk lewat internet, cara membuat blog dan bentuk lainnya yang bertujuan untuk promosi melalui internet khusunya potensi di wilayah Kota Magelang”, tutur Edy.
Edy menambahkan hal ini bertujuan untuk mengangkat para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, menurutnya media online merupakan media yang tepat karena tidak terbatas ruang dan waktu, sehingga potensi UMKM dan wisata di Kota Magelang dapat terpublikasikan melalui blog.
Wahyu Priyoatmoko dosen STMIK Bina Patria Magelang sebagai narasumber tersebut mengatakan, Kota Magelang memiliki banyak potensi dan layak untuk dipublikasikan, dimana saat ini era-nya adalah online dan blog yang merupakan salah satu wahana promosi, selain media sosial lainnya.
“Saya berharap melalui blog, pariwisata dan UMKM yang ada di Kota Magelang bisa terkespose ke luar daerah sehingga akan meningkatkan penjualan”, ucapnya. Wahyu berpesan jika para pelaku usaha pariwisata dan bisnis untuk tidak berhenti berpromosi, karena tanpa promosi penjualan tidak akan berhasil karena tidak dikenal khalayak. Promosi merupakan satu-satunya jalan untuk mempublikasikan produk, salah satunya melalui blog.
Fungsi awal blog yaitu sebagai media online, yang berisikan hal-hal pribadi atau bisa disebut diary sang penulis. Namun adanya perkembangan teknologi, membuat blog kini digunakan sebagai sarana promosi.
“Pengaksesan website ini hanya dibutuhkan koneksi internet, begitu mudah tapi kita tidak boleh meremehkannya. Menjadikan website sebagai media promosi bukan hanya memindahkan media promosi offline, namun kita harus memperhatikan hal-hal yang menunjang promosi, seperti penambahan informasi, artikel, foto-foto dan lain-lainnya”, paparnya. (Ret/Diskominsta)